Laman

Jumat, 01 April 2011

Pilah Pilih pompa air


A. Tips memilih pompa air

Tak bisa kita pungkiri bahwa pompa air listrik merupakan salah satu kebutuhan utama di banyak rumah tangga. Kegiatan rumah tangga seperti mencuci, menyiram tanaman atau mandi menjadi lebih mudah dengan adanya pompa air dimana kita tidak perlu lagi memeras banyak tenaga untuk menimba air di sumur atau mengayun pengait pompa.

Bagaimana memilih pompa air adalah tidak mudah bagi sebagian orang yang tidak mempunyai pengetahuan teknik mengenai pompa. Dengan mengikuti tips memilih pompa air dibawah ini maka diharapkan anda bisa memilihnya dengan tepat sesuai dengan kebutuhan.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, lebih baik anda perhatikanlah secara seksama spesifikasi teknis dari pompa yang akan dipilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Kondisi pengambilan sumber air atau tingkat kedalaman sumur di rumah menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan pompa air. Dimana kedalaman sumur ini menentukan type pompa air berikut daya hisap dan daya dorong yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda perlu menyesuaikan antara daya hisap dan dorong ini dengan kebutuhan Anda sehari-hari agar tetap hemat energi.
  • Daya listrik yang diperlukan oleh pompa air. Perlu anda perhatikan antara daya listrik pompa dengan besarnya daya yang tersedia dirumah anda dan jangan sampai daya listrik untuk pompa air ini justru menyedot sebagian besar pasokan listrik di rumah. Bilamana anda ingin menggunakan pompa air dengan daya listrik yang cukup besar, sebaiknya tambah kapasitas listrik di rumah.
  • Faktor lain dalam memilih pompa air adalah mengenai material pompa. Kualitas material yang baik (grade material yang baik) akan menambah umur pakai pompa bersangkutan. Sebagai contohnya adalah bodi motor dari material stainless steel cocok untuk pemakaian dalam jangka waktu lama dan tergolong kuat untuk digunakan pada air yang mengandung garam.
  • Faktor terakhir pemilihan pompa air dan ini termasuk dalam kategori penting adalah layanan purna jual atau garansi. Adanya jaminan garansi merupakan cerminan bahwa si pembuat yakin bahwa produknya tahan lama, paling tidak sesuai dengan masa garansi, disamping itu garansi merupakan jaminan mengenai kualitas suatu produk. Selamat berbelanja pompa air dengan mengikuti tips diatas. 
sumber tulisan : citra indah rumahku

B. Perbandingan Pompa Air Dangkal
Di rumah, saya menggunakan sistem penjernihan air yang memerlukan beberapa pompa. Kalau cerita tentang sistem penjernihannya bisa menjadi tulisan tersendiri , nah dalam tulisan ini saya hanya ingin membandingkan secara sepintas pompa-pompa yang saya gunakan. Pompa yang saya gunakan adalah sebuah pompa dalam (Deep Well Pump) Sanyo PD H255. Selain itu saya menggunakan beberapa buah pompa air dangkal.

Uraian masing masing adalah sebagai berikut: 

Sanyo PD H-255
Sanyo PWH 105
Shimizu PS 130 BIT
Wasser PW 131E
  • Sanyo PD H 255: paling tua banget. Fungsinya mengangkat air dari dalam sumur (belasan meter). Tidak pernah rusak. Aktif sejak tahun 1999-an. 
  • Sanyo PWH 105 : nomor 2 paling tua & paling nggak berisik. Ini menjadi motivasi saya untuk membeli lagi Sanyo PWH 135 namun ternyata rada mengecewakan karena PWH 135 lebih berisik dari PWH 105. Sayang benda ini tidak ada lagi di pasaran 
  • Shimizu PS 130 BIT Ini pompa kedua yang saya beli.Dari segi suara, hanya kalah dengan Sanyo PWH105. Tidak pernah bermasalah. 
  • InterDAB. Entah tipenya apa. yang jelas harganya murah sekali. Namun memang ada harga ada rupa, benda ini berisiknya luar biasa. Karena berisik sekali jadinya tidak saya pakai , langsung dilego lagi) 
  • Sanyo PWH135 : Pompa ini saya beli karena saya menyangka bahwa suaranya akan lebih lembut menyerupai PWH105, tetapi ternyata lebih berisik dari PS130 dan PWH105. Jadinya pompa ini akan dipakai untuk pekerjaan yang tidak sering-sering amat. 
  • Wasser PW 131E (terbaru) . Benda ini saya beli untuk menggantikan PWH135 yang rada berisik. Suaranya hanya sedikit lebih sunyi dibandingkan Sanyo PWH135 
Kesimpulan: 
  • Ada harga ada rupa. Pompa murmer InterDAB harganya murah sekali, sekitar 125 ~ 140 ribu, tapi suaranya nggak tahan. 
  • Sanyo, Shimizu dan Wasser dari sisi harga kira-kira sekelas, namun performa dari sisi suara berbeda jauh. Dari pengalaman saya sejauh ini tampaknya Shimizu lah yang paling tenang. Sanyo 50-50 lah

Untuk Info Harga Harga Pompa Air wilayah Jakarta : Kunjungi Jakartapompa.com atau tokopompaonline.com 

30 komentar:

  1. Wah artikelnya gak panjang tapi sangat berguna. Thanks bro.

    BalasHapus
  2. Pak, saya butuh semprotan yg kenceng, suara di nomor duakan,
    so pilih yg mana ya pak?
    1. Shimizu
    2. Wasser
    3. Panasonic
    trims sblmnya

    BalasHapus
  3. kebetulan saya pake Shimizu pak... semprotannya kenceng, Awet... walaupun agak kenceng, untuk yang lainnya blom coba, barang kali ada teman teman yang mau bagi2 pangalamannya, silahkan..... untuk menambah referensi kita kita...

    BalasHapus
  4. sori mau ksh kesimpulan,, di antara pompa di atas,, yg pengerjaan teknisnya lebih teliti mumgkin hanya wasser,, knpa saya blng begitu karena sudah pernah bekerja di perusahaan 3 tersebut,, jd klo shimizu dan sanyo dll begitu beres pengerjaan di pabrik langsung d lepas k pasaran, tidak demikian dengan wasser yg terlebih dahulu di tes agar masalah teknis dan non teknis bisa d minimalisir,, sekian semoga bijak dalam memilah milah pompa jgn hanya tergantung pada brand,, brand terkenal bukan jaminan,, thx

    BalasHapus
  5. Sangat berguna sekali nih informasinya salam kenal gan...

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. sekedar berbagi informasi aja,
    mengenai konsumsi listrik, yang paling rendah watt-nya, menurut hasil pengujian saya hanya pompa keluaran Panasonic...
    dikelas yang sama, shimizu menang di Total Head tapi wattnya cukup besar,
    untuk total head paling bagus adalah dari Wasser, tapi sama, wattnya lebih besar lagi ketimbang shimizu..
    kemudian mengenai merek Sanyo, ini type yang bisa dibilang sedang-sedang saja... total head standard, watt-nya juga standard..

    sedangkan Panasonic, total head kalah dengan kompetitor tapi kapasitas airnya paling tinggi dan watt-nya paling rendah..

    kalo masalah ketelitian pengerjaan, dan material...pilihlah Sanyo ato Panasonic.

    ini hasil pengujian aktual, yang bisa dijadikan referensi temen-temen semua untuk memilih pompa, silahkan pilih pompa sesuai kebutuhan...karena pada dasarnya semua ada kurang dan lebihnya..

    BalasHapus
  8. Penjelasan pada artikel ini cukup jelas, Bapak Maygun. Cuma kami menyarankan untuk membuat pembahasan tentang ukuran pipa. Karena ukuran pipa yang kekecilan dapat mempengaruhi debit air menjadi berkurang.

    Bila Bapak berkenan, kami mempunyai kumpulan artikel produk, jasa dan teknis mengenai pemompaan yang dapat dilihat untuk menambah wawasan. Semua itu terdapat pada blog kami di: http://esparindopump.blogspot.com.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  9. terima kasih mas IWAN, referensi bapak bisa buat menambah pengetahuan kami...

    BalasHapus
  10. ,
    Pak, Saya punya pompa air dalam (lebih kurang 54 meter), merk SHIMIZU, serinya saya lupa, (ntar besok saya cek),setelah saya tinggal (tidak dihidupkan, colokan listrik saya lepas) selama lebih kurang 2 minggu, pompa shimizu saya ketika dihidupkan mengeluarkan suara yang lebih berisik atau bising dari sebelumnya.

    Apakah yang terjadi dan bagaimana saya memperbaikinya?

    Regards,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasnya terlambat, kemungkinan masalahnya sudah diselesaikan. Tapi mungkin bisa saya bantu menjawab agar para pembaca yang lain kali mempunyai masalah yang sama bisa menemukan solusi.

      Masalah pada pompa memang beragam, dan terkadang bisa diketahui dengan langsung mengamati pompa di lapangan atau membongkar pompanya. Akan tetapi mungkin bisa saya berikan sedikit masukan dari pengalaman. Untuk pompa yang sudah lama tidak digunakan mengeluarkan suara bising atau lebih berisik bisa jadi disebabkan pompa tersebut belum 'fully primed' yang dalam arti harus dipancing ulang dengan air. Ada kemungkinan air di dalam body pompa sudah berkurang yang mungkin bisa disebabkan kebocoran pada foot valve misalnya, sehingga saat dinyalakan lagi, di dalam body pompa atau pipa hisap tidak mengandung air lagi. Suara berisik disebabkan air yang terhisap kurang optimal.

      Hapus
  11. untuk mengisap air PDAM, pompa apa yang cocok?

    BalasHapus
  12. iya Pak..untuk sedot langsung dari pipa palyja harus pakai pompa apa ya..? sekedar info kalau tidak di sedot tidak kebagian air, karena tetangga sebelah mengunakan jetpump semua untuk sedot langsung dari pipa palyja..mohon petunjuknya Pak..Thanks

    BalasHapus
  13. Untuk sy yg awam, informasi dan diskusinya sangat bermanfaat.
    Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  14. Artikel yang sangat bagus untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman. Saya setuju dengan istilah ada harga ada rupa, tapi kita kembalikan kepada pilihan masing-masing. Mungkin untuk mengganti pompa air bisa menggunakan pilihan merk yang sebelumnya pernah di pakai agar tidak kecewa jika berganti merk pompa dan ternyata tidak sesuai dengan harapan.

    BalasHapus
  15. mau konsul pak… saya telah membeli mesin Wasser PW-251 EA dengan output 250watt. daya hisap vertikal 11 m, dorong vertikal 39 m.
    apakah mesin di atas sudah cukup buat memindahkan air dari bak penampungan menuju rumah saya berjarak kurang lebih 250 meter, posisi bak sedikit tinggi sekitar 1,2 meter dari permukaan tanah…
    mohon petunjuknya.. sekalian no hape kalo boleh hehe :D

    BalasHapus
  16. sumur bor sy dalam ny 15m pompa semi jep apa yg cocok ya,rencana sy mau beli semi jet wasser

    BalasHapus
  17. info yg bagus, cuman saya masih galau milih shimizu ps 130 bit vs panasonic ga 130 jak untuk durabilitynya awetan mana ya kira2?kali aja ada yang sudah pengalaman pakai dua2nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya, urusan konsumsi listrik dan suara, jadi pertimbangan jga, soalnya untuk rumah tangga. tapi kalau hanya sekedar beda dikit sih ga masalah.

      Hapus
  18. maaf teman teman yang sudah berkomentar, saya blum sempet balas satu2, tapi mungkin beberapa sudah dijawab oleh teman2 juga, thanks respon dan masukan masukannya.

    BalasHapus
  19. Terimakasih artikel nya sangat membatu, pemilihan pompa air yang mahal memang sangat bagus, tetapi di luar itu perawatan seperti penggantian klem sadel juga sangat penting.

    BalasHapus
  20. Terima kasih artikelnya sangat membantu. Kalo boleh saran, sebaiknya tulisan pada artikel berwarna hitam saja, karena tulisan kuning diatas background putih sangat sulit dibaca :)

    BalasHapus